Cari Entri Dulu

24 Mei 2010

SAKARATUL MAUT (PART 1)



“Demi Allah, seandainya jenazah yang sedang kalian tangisi bisa berbicara sekejab, lalu menceritakan (pengalaman sakaratul mautnya) pada kalian, niscaya kalian akan melupakan jenazah tersebut, dan mulai menangisi diri kalian sendiri”. (Imam Ghozali mengutip atsar Al-Hasan). 

Datangnya Kematian Menurut Al Qur’an :
1. Kematian bersifat memaksa dan siap menghampiri manusia walaupun kita berusaha menghindarkan resiko-resiko kematian.
Katakanlah: “Sekiranya kamu berada di rumahmu, niscaya orang-orang yang telah ditakdirkan akan mati terbunuh itu ke luar (juga) ke tempat mereka terbunuh”. Dan Allah (berbuat demikian) untuk menguji apa yang ada dalam dadamu dan untuk membersihkan apa yang ada dalam hatimu. Allah Maha Mengetahui isi hati. (QS Ali Imran, 3:154)


2. Kematian akan mengejar siapapun meskipun ia berlindung di balik benteng yang kokoh atau berlindung di balik teknologi kedokteran yang canggih serta ratusan dokter terbaik yang ada di muka bumi ini.
Di mana saja kamu berada, kematian akan mendapatkan kamu, kendati pun kamu di dalam benteng yang tinggi lagi kokoh, dan jika mereka memperoleh kebaikan, mereka mengatakan: “Ini adalah dari sisi Allah”, dan kalau mereka ditimpa sesuatu bencana mereka mengatakan: “Ini (datangnya) dari sisi kamu (Muhammad)”. Katakanlah: “Semuanya (datang) dari sisi Allah”. Maka mengapa orang-orang itu (orang munafik) hampir-hampir tidak memahami pembicaraan sedikit pun? (QS An-Nisa 4:7 8)


3. Kematian akan mengejar siapapun walaupun ia lari menghindar.
Katakanlah: “Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan”. (QS al-Jumu’ah, 62: 8)


4. Kematian datang secara tiba-tiba.
Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS, Luqman 31:34)


5. Kematian telah ditentukan waktunya, tidak dapat ditunda atau dipercepat
Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS, Al-Munafiqun, 63:11)

Dahsyatnya Rasa Sakit Saat Sakaratul Maut - arrahmah.com



p/s: Jasad dalam kubur adalah jasah duniawi yang akan reput 40 hari selepas ditanam. Jasad yang diseksa di dalam kubur adalah jasad ukhrawi. - Ustaz Harun Din

9 reaksi homosapien:

NAEME berkata... [Reply]

makaseh..gud info..truely..

nas berkata... [Reply]

gud info...terasa diri ni terlalu kurang......

hans berkata... [Reply]

mati itu pasti

adam berkata... [Reply]

setiap insan pasti merasa saat perpisahan terakhir..

tijiey berkata... [Reply]

owh,. masyaAllah. takut matikah aku?

Nina Nurziana berkata... [Reply]

yang paling dekat dgn manusia itu adalah kematian ...

masturah idrus berkata... [Reply]

@Nina Nurziana : betul tuh.. sejak 2 menjak ini, sy selalu ingat pasal mati.

Fazrul berkata... [Reply]

wahhh...mmg menakutkan la...huhuuu

Tanpa Nama berkata... [Reply]

Aku selalu membayangkan kematian, terasa diri terlalu hina dan banyak dosa, Ya Allah ampunkanlah dosa2 ku ya Allah, dosa kdua ibubapaku, dosa adik beradik ku semua, peliharalah kami Ya Allah, berikan kami ptunjukmu Ya Allah, Ambillah nyawa kami ketika Kami telah pun bertaubat padamu Ya Allah. Amin Ya Rabb

Catat Ulasan

komen lah dengan ikhlas ya. Aku terima sahaja manis atau tajam.